Kamis, 13 Desember 2012

Rangkuman KJ( Bukti" Transaksi)

Bukti-bukti transanksi  :
A.Macam-macam bukti transanksi:
1. KWITANSI adalah surat bukti pengeluaran uang sebagai pembayaran atas pembelian barang, utang, dan ongkos angkut.Tiap lembar kwitansi memiliki 2 bagian yaitu Sus(Souche) dan kwitansi, Souche adalah potongan kecil di lembar kwitansi yang ditinggal dalam kwitansi sebagai bukti penerimaan pembayaran atas penyerahan jasa atau barang yang dijual dan Sus (Souche) dipegang oleh pedagang.

2.FAKTUR  adalah suatu daftar barang yang dikirim kepada pemesan, yang memuat keterangan/penjelasan tentang nama barang, jumlah barang, harga satuan dan jumlah harga yang harus di bayar oleh pembeli. Dan faktur biasanya di buat 3 rangkap, lembar pertama berwarna putih untuk pembeli pada saat pemesanan, lembar kedua berwarna merah di simpan di toko sebagai arsip dan lembar ketiga berwarna biru diserahkan untuk menyediakan barang sesuai pesanan. Dan ini merupakan bukti penjualan kredit

3. NOTA adalah surat bukti pembelian barang secara tunai. Isi nota menjelaskan tentang tanggal pembelian, nama dan alamat toko(penjual), banyaknya barang/jenis barang, harga satuan dan jumlah harga yang harus di bayar oleh pembeli.

4. KASBON adalah surat bukti yang digunakan suatu perusahaan untuk bukti apabila suatu pegawai atau karyawan telah meminjam uang pada perusahaanya, biasanya dilakukan Bendahara.

5. CEK adalah surat perintah membayar atau mengeluarkan sejumlah uang kepada bank untuk pemegang surat cek tersebut, dari pemilik rekening tabungan pada bank yang bersangkutan.

Cukup sekian ya rangkumannya.... maaf ya kalau ada salah" dan agak niru smartsky ini juga soalnya iseng aja sih buatnya tapi semoga bermanfaat deh....:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar