Kamis, 21 Februari 2013

Puisi "AKU" karya chairil nawar

Nah sekarang ini ada puisi asli, puisi berparafrase sama narasi puisi "aku" karya chairil anwar...eh tapi ini cuma menurut aku ya... Jadi kalau salah maaf ya.....:D


PUISI ASLI
Aku
Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu


Aku ini binatang jalang

Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku

Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari

Berlari
Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli


Aku mau hidup seribu tahun lagi


Karya: Charil anwar

 
Puisi Berparafrase
Kalau (tiba) waktuku
'Ku mau (tidak ada) seorang kan merayu
Tidak juga dirimu

Tak perlu sedu sedan itu


Aku ini binatang jalang

Dari kumpulannya (yang) terbuang

Biar peluru menembus kulitku

Aku akan tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari

Berlari
Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli


Aku mau hidup seribu tahun lagi

 
Narasi
            Puisi ini menjelaskan tentang seseorang jika ia sudah tiada, Ia tidak ingin ada yang sedih begitu pula orang orang terdekatnya. Ia menganggap dirinya hanya orang yang hina yang sudah tidak dianggap lagi.
            Meskipun ia memiliki penyesalan ia yakin akan ada waktunya  penyesalan itu akan hilang oleh karena itu ia ingin hidup seribu tahun lagi.







1 komentar: